Sabtu, 25 Maret 2017

Cara Mengajar yang Efektif




CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF

Seorang guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel. Proses ini membutuhkan dua hal utama yaitu : Pengetahuan dan keahlian profesional dan Komitmen dan motivasi.

A.      Pengetahuan dan Keahlian Profesional
          Guru yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran, dan manajemen kelas. Mereka tahu bagaimana memotivasi, berkomunikasi dan berhubungan secara efektif dengan murid-murid dari beragam latar belakang kultural.

Penguasaan Materi Pelajaran
         Guru yang efektif harus memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar pengorganisasian materi, mengaitkan berbagai gagasan, cara berpikir dan berargumen, pola perubahan dalam satu mata pelajaran, kepercayaan tentang mata pelajaran dan kemampuan mengaitkan satu gagasan dari suatu disiplin ilmu ke disiplin ilmu lainnya.

Strategi Pengajaran
         Menerapkan prinsip konstruktivisme yaitu pendekatan pembelajaran yang menekankan agar individu secara aktif membangun pemahaman dan pengetahuan.

Penetapan Tujuan dan Keahlian Perencanaan Instruksional
        Guru yang efektif harus menentukan tujuan  pengajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu. Mereka juga harus menyusun kriteria tertentu agar sukses dan menghabiskan banyak waktu untuk menyusun rencana instruksional, mengorganisasikan pelajaran agar murid meraih hasil maksimal dari kegiatan belajarnya.

Keahlian Manajemen Kelas 
        Guru yang efektif mampu menjaga kelas tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas.

Keahlian Motivasional
        Guru yang efektif punya strategi yang baik untuk memotivasi murid agar mau belajar.  Mereka tahu bahwa murid akan termotivasi saat mereka bisa memilih sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Guru yang baik akan memberi kesempatan murid untuk berpikir kreatif dan mendalam untuk proyek mereka sendiri.

Keahlian Komunikasi
          Keahlian komunikasi mencakup keahlian dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambat komunikasi verbal, memahami komunikasi non  verbal murid dan mampu memecahkan konflik secara konstruktif.

Bekerja Secara Efektif dengan Murid dari Latar Belakang Kultural yang Berlainan
       Guru yang efektif membimbing murid untuk berpikir secara kritis tentang isu kultural dan entin, menanamkan sikap saling menerima dan bertindak sebagai mediator kultural.
Di dunia yang saling berhubungan secara kultural ini, guru harus mengetahui dan memahami anak dengan latar belakang kultural yang berbeda-beda. Mereka membimbing murid untuk berpikir secara kritis tentang isu kultural dan etnis, berusaha mengurangi bias, menanamkan sikap saling menerima dan bertindak sebagai mediator kultural.

Keahlian Teknologi
         Guru yang efektif mengembangkan keahlian teknologi dan mengintegrasikan komputer kedalam proses belajar di kelas.  Integritas ini harus disesuaikan dengan kebutuhan  belajar murid, termasuk kebutuhan mempersiapkan murid untuk mencari pekerjaan di masa depan.
        Guru yang efektif tahu cara mengoperasikan komputer dan cara mengajar murid untuk menggunakan komputer dalam menulis dan berkreasi. Guru yang efektif bisa mengevaluasi efektivitas game instruksional dan simulasi komputer, tahu cara menggunakan dan mengajari murid untuk menggunakan alat komunikasi melalui komputer seperti internet. Mereka juga nmemahami dengan  baik berbagi perangkat penting lainnya untuk mendukung pembelajaran murid yang cacat.

B.       Komitmen dan Motivasi
          Komitmen dan motivasi dapat membantu guru yang efektif melewati masa-masa yang sulit dan melelahkan dalam mengajar. Guru yang efektif juga punya kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan dan tidak akan membiarkan emosi negatif melunturkan motivasi mereka. 
          Guru yang efektif sangat memerhatikan murid-muridnya, sering menyebut mereka sebagai “murid-muridku”. Mereka benar-benar ingin bersama dengan murid dan mengabdi untuk membantu murid dalam memahami pelajaran. Guru yang efektif juga berusaha mencari cara untuk membantu murid agar bisa memerhatikan perasaan sesama teman dan saling memberi perhatian antar sesama murid.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates