CARA
MENGAJAR YANG EFEKTIF
Seorang guru harus menguasai beragam
perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel.
Proses ini membutuhkan dua hal utama yaitu : Pengetahuan dan keahlian
profesional dan Komitmen dan motivasi.
A.
Pengetahuan
dan Keahlian Profesional
Guru
yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode
penetapan tujuan, rancangan pengajaran, dan manajemen kelas. Mereka tahu
bagaimana memotivasi, berkomunikasi dan berhubungan secara efektif dengan
murid-murid dari beragam latar belakang kultural.
Penguasaan
Materi Pelajaran
Guru yang
efektif harus memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar pengorganisasian materi,
mengaitkan berbagai gagasan, cara berpikir dan berargumen, pola perubahan dalam
satu mata pelajaran, kepercayaan tentang mata pelajaran dan kemampuan
mengaitkan satu gagasan dari suatu disiplin ilmu ke disiplin ilmu lainnya.
Strategi
Pengajaran
Menerapkan
prinsip konstruktivisme yaitu
pendekatan pembelajaran yang menekankan agar individu secara aktif membangun
pemahaman dan pengetahuan.
Penetapan
Tujuan dan Keahlian Perencanaan Instruksional
Guru yang
efektif harus menentukan tujuan
pengajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu. Mereka juga
harus menyusun kriteria tertentu agar sukses dan menghabiskan banyak waktu
untuk menyusun rencana instruksional, mengorganisasikan pelajaran agar murid
meraih hasil maksimal dari kegiatan belajarnya.
Keahlian
Manajemen Kelas
Guru yang
efektif mampu menjaga kelas tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke
tugas-tugas.
Keahlian
Motivasional
Guru yang
efektif punya strategi yang baik untuk memotivasi murid agar mau belajar. Mereka tahu bahwa murid akan termotivasi saat
mereka bisa memilih sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Guru yang baik akan
memberi kesempatan murid untuk berpikir kreatif dan mendalam untuk proyek
mereka sendiri.
Keahlian
Komunikasi
Keahlian
komunikasi mencakup keahlian dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambat
komunikasi verbal, memahami komunikasi non
verbal murid dan mampu memecahkan konflik secara konstruktif.
Bekerja
Secara Efektif dengan Murid dari Latar Belakang Kultural yang Berlainan
Guru yang
efektif membimbing murid untuk berpikir secara kritis tentang isu kultural dan
entin, menanamkan sikap saling menerima dan bertindak sebagai mediator
kultural.
Di dunia yang saling
berhubungan secara kultural ini, guru harus mengetahui dan memahami anak dengan
latar belakang kultural yang berbeda-beda. Mereka membimbing murid untuk
berpikir secara kritis tentang isu kultural dan etnis, berusaha mengurangi
bias, menanamkan sikap saling menerima dan bertindak sebagai mediator kultural.
Keahlian
Teknologi
Guru yang
efektif mengembangkan keahlian teknologi dan mengintegrasikan komputer kedalam
proses belajar di kelas. Integritas ini
harus disesuaikan dengan kebutuhan
belajar murid, termasuk kebutuhan mempersiapkan murid untuk mencari
pekerjaan di masa depan.
Guru yang efektif tahu cara mengoperasikan komputer dan
cara mengajar murid untuk menggunakan komputer dalam menulis dan berkreasi.
Guru yang efektif bisa mengevaluasi efektivitas game instruksional dan simulasi komputer, tahu cara menggunakan dan
mengajari murid untuk menggunakan alat komunikasi melalui komputer seperti
internet. Mereka juga nmemahami dengan
baik berbagi perangkat penting lainnya untuk mendukung pembelajaran
murid yang cacat.
B.
Komitmen
dan Motivasi
Komitmen
dan motivasi dapat membantu guru yang efektif melewati masa-masa yang sulit dan
melelahkan dalam mengajar. Guru yang efektif juga punya kepercayaan diri
terhadap kemampuan mereka dan dan tidak akan membiarkan emosi negatif melunturkan
motivasi mereka. Guru yang efektif sangat memerhatikan murid-muridnya, sering menyebut mereka sebagai “murid-muridku”. Mereka benar-benar ingin bersama dengan murid dan mengabdi untuk membantu murid dalam memahami pelajaran. Guru yang efektif juga berusaha mencari cara untuk membantu murid agar bisa memerhatikan perasaan sesama teman dan saling memberi perhatian antar sesama murid.
0 komentar:
Posting Komentar